• Blog Stats

    • 60,345 hits
  • Categories

  • Archives

akses webmail secara efisien

Kutipan dari Kompas yg juga kutipan dari PCPlus.

Coba tebak, jenis akun e-mail apa yang paling banyak dipakai oleh para netter? Ya, jawabnya adalah webmail. Tak heran, karena akun ini gratis, mudah digunakan, dan kapasitasnya cukup tambun.

Sayangnya, di luar segala kelebihannya, webmail harus digunakan ketika PC sedang online, termasuk ketika Anda cuma ingin membaca pesan lama. Sangat jarang ada layanan sejenis yang memberikan fitur POP3/SMTP sehingga Anda bisa mengaksesnya dari e-mail client seperti Mozilla Thunderbird, Apple Mail, Microsoft Outlook, atau Eudora.

Untunglah, Yahoo! berinisiatif melakukan terobosan dengan merilis Yahoo! Zimbra Dekstop. Aplikasi ini menawarkan cara praktis untuk mengakses akun webmail Anda. Dengannya, aneka pesan elektronik yang Anda simpan di alamat webmail populer seperti Gmail atau Yahoo! Mail bisa ditarik ke dalam ruang simpan di PC.

Aplikasi berstatus beta hasil akuisisi Yahoo! terhadap perusahaan pembuat aplikasi Zimbra ini tersedia secara gratis. Tidak hanya itu, Zimbra juga bisa berjalan di tiga platform sekaligus: Mac OS X (Tiger 10.4.11 atau Leopard 10.5.4 ke atas), Windows (Vista atau XP SP2 ke atas), dan Linux (x86 2.6.x ke atas).

Selain mudah digunakan, Zimbra menyediakan banyak fitur. Anda tidak hanya bisa ber-e-mail-ria, tetapi dapat pula memanfaatkan fasilitas daftar Contact, Calendar, sampai Document, yang bisa disinkronisasi dari akun webmail Anda. Aplikasi ini mampu terhubung ke Yahoo! Maps sehingga bisa menayangkan peta lokasi dari alamat si pengirim e-mail.

Three in One
Aplikasi berukuran mulai 42MB ini menyediakan dukungan terhadap fasilitas POP3/SMTP. Dengan demikian, Anda bisa menarik pesan yang ada di akun e-mail kantor Anda ke Zimbra.

Syarat menggunakannya tidaklah ribet. Yang pasti, Anda harus memiliki ruang harddisk 200MB untuk instalasi software, dan ruang hard disk yang cukup untuk menyimpan pesan. Sedangkan memori yang dibutuhkan untuk menjalankannya sekitar 256MB saja.

Bagi pengguna Yahoo! Mail dan AOL Mail, aplikasi ini bisa langsung sinkron, baik dengan yang berbayar mau pun gratisan. Sedangkan jika menggunakan GMail, Anda harus mengaktifkan dulu fitur IMAP melalui menu setting di akun e-mail tersebut. Atau Anda pengguna akun e-mail POP3? Anda bisa mengesetnya seperti setelan di Microsoft Outlook.

Yahoo! Zimbra sungguh menawarkan kepraktisan. Beda dengan aplikasi akun e-mail lainnya yang tidak menerima webmail, ia bisa mengelola webmail dengan leluasa — baik dalam status online mau pun offline.

TIP: Install, Atur, Pakai

Seperti halnya mailer atau e-mail client lainnya, aplikasi Yahoo! Zimbra terdiri dari tiga tahap: install, lakukan pengesetan akun, lalu pakai. Ya, memang semudah itu. Tertarik mencoba? Silakan ikuti panduan berikut.

1. Install aplikasi dengan mengklik-dobel installer file yang telah diunduh sebelumnya. Setelahnya, jalankan aplikasi dengan mengklik icon shortcut [Yahoo! Zimbra Desktop] yang ada di [Start] > [All Programs]. Pada jendela yang muncul, klik [Set Up an Account].

2. Pilih akun e-mail yang Anda gunakan pada jendela wizard berikutnya. Isikan deskripsi, alamat e-mail, dan password pada menu Account Setup. Untuk menarik e-mail baru, Anda bisa menentukan durasi waktu atau teknik penarikannya (otomatis atau manual) di menu [Get new mail]. Sesudahnya, klik [Save Settings].

3. Jika Anda ingin mengeset akun e-mail lainnya, klik tombol [Set Up Another Account] dan lakukan pengesetan seperti langkah sebelumnya. Jika tidak, langsung saja masuk ke aplikasi dengan mengklik [Go to Yahoo! Zimbra Desktop]. Jendela aplikasi akan segera muncul dengan tampilan serupa Outlook Express.

4. Akun e-mail Anda akan muncul di panel kiri. Jika Anda menggunakan lebih dari satu akun, akan muncul beberapa tab akun di sana. Para akun ini ditempatkan dalam jendela yang terpisah. Untuk menggunakan salah satunya, Anda tinggal mengklik tab akun yang diinginkan.

5. Untuk mulai menarik e-mail, silakan mengklik tombol [Synchronize mailbox with online server] berikon bertanda panah. Tunggu beberapa saat sampai muncul daftar pesan di panel kanan aplikasi. Untuk mulai membuat surat elektronik atau aktivitas lainnya, Anda bisa melakukan langkah serupa dengan aplikasi mailer lain. Pilih aktivitas dengan mengklik tombol yang berada di samping kiri tombol sinkronisasi tadi.

6. Fasilitas-fasilitas tambahan di mailer ini akan dimunculkan dalam menu tab di bagian atas. Untuk tampilan menu yang lebih lengkap, Anda bisa mengklik [Advanced]. Oh ya, salah satu fitur menarik di aplikasi ini adalah sinkronisasi dengan Yahoo! Maps. Jika dalam sebuah pesan yang Anda terima terdapat daftar alamat, maka bila Anda mengarahkan pointer ke teks alamat tersebut, Zimbra akan memunculkan peta virtualnya. Asyik, bukan?

Sumber: PCplus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: