• Blog Stats

    • 60,345 hits
  • Categories

  • Archives

Press Release pengukuhan Guru Besar

Pada hari Rabu, 15 Oktober 2008, Universitas Indonesia menyelenggarakan Pengukuhan Guru Besar Tetap dalam Ilmu Komputer kepada Prof. Heru Suhartanto, Ph.D – yang saat ini juga menjabat Wakil Dekan Non Akademik Fakultas Ilmu Komputer UI. Beliau menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan penerapan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia yang salah satunya dituangkan dalam pemikiran dan analisis perbandingan mengenai “Peluang dan Tantangan Grid Computing di Indonesia”.

Grid Computing adalah infrastruktur/system komputasi/proses yang menyediakan akses berskala besar terhadap sumber daya komputasi yang tersebar secara secara geografis dan dimiliki oleh beberapa institusi yang berbeda namun saling terhubung menjadi satu kesatuan fasilitas. Sumber daya ini termasuk misalnya supercomputer, system storage/penyimpanan, sumber sumber data, dan instrument instrument. Tujuan utama system ini adalah untuk dapat memanfaatkan variasi fasilitas TIK dan sumberdaya terkait guna menjawab persoalan dalam sains, industri dan masyarakat secara lebih murah. Middleware – software (perangkat lunak) pembentuk system Grid – seperti Globus dan Gridbus tersedia gratis di intenet. Pemakai cukup masuk ke dalam system dan menjalankan aplikasinya dan kemudian menghasilkan output hasil proses tanpa harus memiliki sumber daya yang dibutuhkan.

Masyarakat internasional telah menerapkan system ini dalam menjawab kebutuhan hasil proses dalam bidang sains, industri dan kebutuhan masyarakat. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan system ini antara lain, a) aplikasi PipeLine yaitu pendeteksian kerusakan pipa. Jaringan pipa gas, minyak dan lainnya perlu diinspeksi untuk mendeteksi adanya karatan atau kerusakan lainnya dalam satuan interval waktu; b) aplikasi NeuroGrid – Analisis data aktifitas otak yang dikumpulkan dari instrument MEG (Magnetoencephalography). Aktifitas ini merupakan riset yang sangat penting karena ia akan menolong para dokter untuk mengidentifikasi simptom berbagai penyakit. Data tersebut harus dianalisis secara mendalam agar dapat mendiagnosa dan menganalisis fungsi otak secara efisien. Analisis datanya memerlukan sumber daya komputasi yang kuat; dan c) aplikasi Molecular Docking yang bertujuan untuk menyediakan sektor biotechnology suatu akses ke teknologi yang dapat memberikan kemampuan eksplorasi pengembangan obat secara efisien dan murah dengan memakai infrastruktur cyber berbasis Grid computing.

Peluang Indonesia untuk berkompetensi di bidang ini cukup terbuka karena sudah tersedianya infrastruktur Jaringan Pendidikan Nasional (Jardiknas) yang menghubungkan sekolah sekolah dan instansi pendidikan terkait, Indonesian Higher Education Network (Inherent) yang menghubungkan banyak perguruan tinggi negeri, dan in-Grid -prototype portal Grid Computing yang telah dikembangkan oleh peneliti Fasilkom UI. Namun terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, antara lain a) minimnya koneksi jaringan ke institusi non Pendidikan (industri, pemerintahan); b) kebanyakan manajemen institusi kita terlalu birokratis, sulit untuk merelakan fasilitas yang dimiliki suatu institusi untuk dapat dipakai bersama, sebagian bahkan enggan berbagi kenikmatan untuk tujuan manfaat yang lebih besar pada masyarakat yang lebih luas; c) jumlah tenaga ahli Grid Computing yang sangat terbatas; d) minimnya pengetahuan dan keperdulian tenaga ahli dalam memanfaatkan TIK untuk menunjang kegiatannya. Beberapa usulan untuk menjawab tantangan tersebut, antara lain:

· Perluasan pengembangan Jardiknas dan Inherent sehingga melibatkan instansi instansi terkait non pendidikan seperti industri dan pemerintahan. Dengan demikian peluang kerjasama yang lebih luas dan bervariasi siap dilakukan.

· Kerjasama riset dan pengembangan antara departement dalam suatu perguruan tinggi dan industri dengan melibatkan tenaga ahli Grid Computing.

· Pengadaan kuliah Grid Computing dan aplikasinya di beberapa perguruan tinggi, serta workshop dan pelatihan untuk seluruh pihak terkait.

· Pengembangan aplikasi yang relevant untuk Indonesia: antara lain data grid untuk materi sumber pendidikan (penyediaan sumber daya untuk pendidikan seluruh Indonesia dalam upaya penyebaran kebutuhan materi pembelajaran yang memadai dan dapat dijangkau seluruh masyarakat), pemerintahan (e-goverment – antara lain integrasi data kependudukan yang mencakup data ktp, sim, pbb, pph, kesehatan, dan bpkb), kesehatan (antara lain basis data kesehatan masyarakat, sistem penunjang pembentukan obat), serta mengkaji aplikasi yang telah dikembangkan beberapa peneliti agar dapat dikembangkan lebih lanjut untuk keperluan spesifik Indonesia.

Dengan menjawab tantangan ini, maka diharapkan pengembangan kebutuhan masyarakat Indonesia yang memerlukan dukungan TIK dapat dilakukan dengan cara yang lebih efisien dan murah, serta hasil yang kompetitif di tingkat internasional.

Rincian pidato dapat anda baca di

http://staf.cs.ui.ac.id/~heru/publications/PidatoGB-HS-noCV.pdf

7 Responses

  1. Mas Heru,
    Kami turut bangga mempunyai Prof dibidang yang langka, semoga bermanfaat bagi keilmuan dan agama , sekali lagi selamat dan sukses
    Buddy

  2. Assalamu’alaikum.
    Selamat ya pak atas pengukuhan bapak sebagai guru besar UI. Semoga kedepannya bapak dimudahkan dalam mengemban tugas sebagai dosen maupun sebagai guru besar. amin..
    Maaf pak tadi tidak bisa datang. By The way, pidatonya bagus pak. Tidak seberat yang saya perkirakan.

    ~oia blog bapak saya link ya..

  3. Selamat ya Prof.
    Salam untuk semuanya

    Marsudi

  4. Bismillahirrahmaanirrahiim,
    Assalamu’alaikum wr wb.

    Selamat bro, semoga ilmu dan amal antum bisa bermanfaat dunia akhirat. Tetep low profile ya bro!

    Wassalam.
    –imam’s family
    @sydney

  5. Selamat atas pengukuhan Guru Besarnya pak.
    Saya mahasiswa S2 MTI UI ikut berbangga Indonesia memiliki ahli Grid Computing seperti bapak.

  6. Assalamu’alaykum

    Woah.. selamat Pak Atas Pengukuhannya menjadi Guru Besar.

    Semoga bisa terus berkontribusi di dunia pendidikan..:)
    Menciptakan penemuan-penemuan yang menggemparkan dunia.

    ~salam dari korea~

  7. Assalaamu’alaikum,

    Selamat ya Mas Heru! Semoga menjadi tonggak baru dalam perjalanan mengamalkan ilmunya.
    Saya mendapat kabar dari Mas Imam van Sydney nih, langsung meluncur ke blog Mas Heru🙂
    Bagaimana dg alumni IISB, suka kopi darat nggak ya?

    wassalam,
    nanang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: