• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

dari tausiah tetangga

Kemarin hari ketiga saya hadir di tausiah tetangga yang wafat hari rabu lalu, kali ini tausifah di awali dengan siraman rohani. Ust Abdurrahim Hidayat membahas tentang beberapa kebiasaan yang terjadi di pasca wafatnya seseorang. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa selama beberapa hari pasca wafat,  sang arwah masih berkeliaran di sekitar rumah. Ia menjelaskan bahwa itu bukan yang diajarkan dan dipercayai oleh Islam. Namun secara garis besar, orang orang yang selama hidupnya rajin beribadah dan taat pada Allah, saat saat menjelang ajalnya diwarnai oleh kegembiraan, sedangkan mereka yang tidak taat akan diwarnai oleh ketakutan akan kehidupan berikutnya.

Bahasan berikutnya tentang tiga ketakutan yang biasa dihadapi oleh orang menjelang maut menjemput.

Ketakutan pertama adalah rasa sakit yang sangat pada saat ruh dicabut dari badan. Bagi orang yang ahli ibadah, rasa sakit itu tidak seberapa dibandingkan dengan orang yang tidak patuh pada Allah.

Ketakukan kedua  adalah bertemunya seseorang dengan malaikat pencabut nyawa — malaikat Izrail. Bagi orang yang ahli ibadah, malaikat Izrail akan datang dengan bentuk yang bagus/tampan dan berwangi wangian. Ia datang dengan sopan, santun dan penuh senyum. Sedangkan bagi orang tak patuh pada Allah, sang malaikat datang dengan bentuk yang sangat mengerikan dan bau yang sangat tidak nyaman. Dalam suatu kisah, nabi Ibrahim dan nabi Daud pernah meminta malaikat untuk menunjukkan bentuk yang menyeramkan tersebut — walaupun pada saat itu ia tak akan menyabut nyawanya –, begitu malaikat berubah dengan bentuk yang diminta dan sang Nabi menoleh, serta merta mereka pingsan.

Ketakutan ketiga adalah diperlihatkannya  tempat dimana sang ruh akan akan tinggal kekal selamanya. Orang orang ahli ibadah akan ditunjukkan tempat yang indah dan menyenangkan, sedangkan orang orang yang sesat akan diperlihatkan neraka jahanam yang mereka akan kekal di dalamnya.

Semoga kita termasuk orang orang yang ahli ibadah, taat pada Nya, berbekal takwa yang banyak  dan dipanggil serta berjumpa denganNya dengan cara yang baik, amin…

Wallahu ‘alam bi shawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: