• Blog Stats

    • 60,345 hits
  • Categories

  • Archives

fenomena akhir tahun

Beberapa hari yang lalu, terbaca berita berjalan di tv  swasta  adanya suatu instansi yang  mencermati terserapnya dana pada masa akhir tahun. Sementara kalau kita lihat di jalan jalan, banyak pekerjaan galian atau  sejenisnya juga marak dilakukan menjelang akhir tahun. Konon fenomena ini biasanya terkait dengan anggaran tahun berjalan yang harus ‘dihabiskan’ sesuai aturan. Biasanya laporan harus diserahkan sekitar awal atau tengah bulan Desember.

Biasanya persetujuan proposal kegiatan  baru muncul paling cepat tengah tahun, bahkan ada yang baru tahu proposalnya disetujui untuk didanai sekitar tengah Oktober. Surat perjanjian kerja biasanya dittd beberapa hari menjelang laporan final harus diserahkan.  Nah,  maka kalau dicermati terdapat beberapa sikap yang muncul, sehingga dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok

  1. kelompok yang menolak persetujuan pendanaan, mereka berpendapat mana mungkin suatu kegiatan yang dijadwalkan satu tahun harus diselesaikan dalam waktu beberapa minggu. Belum lagi pengadaan barang dan jasa harus mengacu kepada peraturan yang berlaku. Akibatnya, seluruh danapun dikembalikan.
  2. kelompok yang menerima persetujuan pendanaan, mereka pun melakukan kegiatan tersebut sesuai peraturan yang berlaku. Ada yang berpendapat, mereka orang yang patuh pada peraturan. Akibatnya kegiatan tak mungkin selesai 100%, lah mana bisa, wong butuh 10 bulan koq diminta selesai dalam beberapa minggu, apalagi sebagian besar pengadaan barang dan jasa tak mungkin bisa dilakukan dalam waktu yang mepet. Akibatnya, sebagian besar dana dikembalikan.
  3. kelompok yang menerima persetujuan pendanaan, bedanya dengan kelompok 2 di atas, walaupun sama sama melakukan kegiatan sesuai peraturan.  Biasanya proses pengadaan barang dan jasa dapat dilengkapi dengan dokumen yang ‘benar’, prosedur dan tanggal bisa disesuaikan dengan masa persetujuan kegiatan yang didanai.  Namun kegiatan, kebanyakan tidak bisa dilaporkan selesai 100% terutama yang terkait dengan proses yang harus ditaati sesuai prosedur — misalnya riset. Tapi kalau pengdaan barang dan jasa, kebanyakan pada mengklaim selesai 100%. Akibatnya, sedikit atau bahkan tidak ada dana yang dikembalikan. Sebagian besar terserap dengan baik.
  4. kelompok seperti kelompok 3,  kegiatan dilaporkan selesai 100%, walaupun tidak selesai 100%. dan mereka tidak punya komitment untuk benar benar menyelesaikannya dalam waktu di tahun berikutnya.
  5. kelompok seperti kelompok, tapi beda dengan kelompok 4, yakni mereka punya komitment untuk menyelesaikan kegiatan di tahun berikutnya. Lumayan selesai, walaupun dokumentnya sudah ‘selesai’ duluan.

Kalau dicermati, kekisruhan ini sebenarnya tidak akan terjadi, kalau

  1. kegiatan tetap diizinkan tetap berjalan walaupun melewati batas akhir tahun. Asal semua prosedur dilakukan dengan benar. Atau
  2. kegiatan dan dana disetujui pelaksanaannya untuk tahun berikutnya, sehingga dari segi periode dan prosedur — kegiatan dapat dilakukan secara benar.

Anyway, seperti dalam akhir cerita film fiksi, uraian  di atas adalah suatu fiksi pemikiran saya, kalau ada yang mirip dengan kejadian yang nyata, maka — maaf–  anggap saja sebagai kebetulan.

God knows well,

4 Responses

  1. Memang Pak, ini fenomena sejak dulu yang belum bisa diatasi…

  2. […] revisi laporan keuangan Posted on March 31, 2009 by hsuhartanto Masih terkait dengan fenomena akhir tahun, https://hsuhartanto.wordpress.com/2008/12/26/fenomena-akhir-tahun/ […]

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Bisa minta contoh proposal kegiatan akhir tagun ujian nasional gak?

    • wassalamu’alaikum wr.wb.

      Pak/Bu, mohon maaf sekali, saya tak punya proposal seperti itu, mudah2 an bp/ibu bisa mendapatkannya dari tempat lain. kalau boleh saya tanya, Kira2 inti isinya seperti apa?

      btw, website mts alhidayah cukup bagus, saya bersyukur mts bisa juga tak ketinggalan memakai TIK. Mudah2 an bisa lebih maju lagi, amin.

      wslm wr.wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: