• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

revisi laporan keuangan

Masih terkait dengan fenomena akhir tahun, https://hsuhartanto.wordpress.com/2008/12/26/fenomena-akhir-tahun/

seorang sahabat [yang tak mau disebut namanya]  membagi perasaan jengkelnya. Ia mendapatkan grant hibah penelitian yang didanai oleh APBN 2008.  Laporan kegiatan (sementara) telah dikumpulkan juga laporan keuangannya pada tengah bulan Desember 2008.  Dalam proses, pada sekitar akhir january 2009, kegiatan risetnya telah diselesaikan dengan baik, dan laporan finalnya juga sudah diserahkan ke pengelola. Dan yang sangat menjengkelkan dalam rapat koordinasi terakhir — katanya— sebagian besar laporan keuangan harus diubah katanya tidak sesuai dengan “panduan terbaru”. Spontan rapat jadi ramai karena protes dari para grantee.

We leh leh weleh, lha pada saat koordinasi awal sang sahabat telah bertanya ke pengelola,  “panduan  / rambu rambu”  apa yang harus dipatuhi terutama dalam management keuangan. Pengelola, hanya memberikan sedikit panduan, yang agak rinci  hanya disebut bahwa pengadaan barang/jasa harus mengikuti aturan pemerintah.  Dan tak ada panduan lain yg diberikan pada saat rapat dulu.  Yang membuatnya makin  jengkel adalah sebagian barang dan jasa sudah dilakukan pengadaan dengan aturan yang berlaku, lengkap dengan proses dari awal sampai akhir. Dan ternyata — pengadaan yagn dimaksud tak disetujui untuk memakai anggaran ini.  Gimana gak jengkel tuch, ….. setan aja juga akan marah kale. Para grantee diminta untuk mengubah laporan keuangan . Silahkan fikir sendiri, katanya,  tentunya tak dijamin bukti bukti ‘otentik’  terbaru tak dijamin bisa ‘benar’, lha wong duitnya udah habis.

Kontan, sang sahabat meng-sms pengelola dan menembuskannya (cc) ke para petinggi terkait dengan mengatakan bahwa ia sangat kecewa dengan pola management keuangan seperti ini. Insitusi yang konon terkenal dan ingin disebut kelas dunia, seharusnya meninggalkan cara cara zhalim bukan malah memeliharanya. Pengelola hanya menjawab “terima kasih, atas masukkannya”.  That’s  all, and no response from the “petinggi” yet😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: