• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

laporan riset 2008 — ujicoba portal e-learning untuk masyarakat miskin

RINGKASAN

Pendidikan untuk anak jalanan dan komunitas miskin kota merupakan masalah yang kompleks dan memerlukan peran serta masyarakat luas. Pada penelitian ini diusulkan pengembangan suatu portal pembelajaran untuk sekolah anak jalanan / komunitas miskin kota, berupa situs web yang memuat sumber daya pembelajaran dan mewadahi interaksi antara guru, siswa, pengelola sekolah dan masyarakat. Sumber daya pembelajaran meliputi buku rancangan pengajaran, silabus, materi ajar, soal-soal latihan, tutorial dari para guru. Penelitian ini bersifat eksperimental kuantitatif, dengan mengambil siswa Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Insan Mandiri di terminal Depok, beserta guru dan pengelola sekolah, sebagai sampel.

Pada riset ini, telah dicapai beberapa kegiatan riset ini antara lain, survei ke lokasi sekolah anak jalanan, perancangan, pengembangan dan ujicoba portal tahap satu oleh para guru Sekolah Terminal Depok (STD), dan hasil analisis data kuesioner yang menggambarkan fitur dan kelangkapan portal dari sisi guru. Ujicoba tahap kedua telah dilakukan, yakni dua kali di Laboratorium Fasilkom UI Depok dan satu di Laboratorium SMAN 1 Purworejo. Dalam tahap kedua ini, juga diundang siswa dan guru dari sekolah sekolah yang diperkirakan telah mempunyai infrastruktur yang cukup untuk mendukung pembelajaran via e-learning, yakni dari SMAN 8 Jakarta, SMAN 28 Jakarta, SMAN 70 Jakarta dan SMPN 49 Jakarta. Ada dua tujuan pelibatan mereka, pertama untuk melihat perbedaan bagaimana kemampuan siswa STD dalam penguasaan pembelajaran via elearning jika dibandingkan oleh siswa siswa sekolah sekolah mapan tersebut. Kedua adalah sebagai inisiasi penjajakan bahwa para guru dan siwa sekolah mapan dapat menjadi pembimbing/penasehat dan atau pelengkap materi pembelajaran via e-learning.

Hasil observasi dan analisis data menunjukkan bahwa:

  • Penerapapan Portal E-learning dapat meningkatkan pemahaman materi oleh para Siswa.
  • Para siswa STD mempunyai kecekatan yang tidak kalah dibandingkan dengan siswa dari sekolah yang mapan,
  • Sistem E-learning sangat bermanfaat dalam menunjang proses pembelajaran di sekolah dan cara yang lebih efisien dengan tidak terhambat waktu dan tempat,
  • Terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diatasi guna mensukseskan pemakaian Sistem E-learning di Sekolah.
  • Adanya keinginan yang sangat kuat dari siswa dan guru untuk dapat memanfaatkan Sistem E-learning.

Laporan rinci dapat dilihat di

http://telaga.cs.ui.ac.id/~heru/esfindo/reports/

3 Responses

  1. thanks articlenya Pak menambah pengetahuan..hihihišŸ˜‰

    Artikel terbaru dari Basir: Nalar dan Qolbu

    salam

    basir

  2. Saya berharap adanya portal ini dapat menjawab permasalahan kurang meleknya para guru kita dalam dunia ICT.

    Kalau diundang menjadi pembicara seminar nasional di pps UNJ tentang meningkatkan kinerja guru melalui ICT bisa Prof?

    Wijaya

    • tentang undangan sebagai pembicara, Insya Allah saya usahakan sebaik mungkin untuk bisa.Tinggal kita atur jadwalnya jauh jauh hari. salam untuk rekan-rekan guru di Labschool, wasalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: