• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

seputar jurnal ilmiah di Indonesia

tulisan berikut saya dapatkan dari milist diktigroup yang disusun oleh bu Fitri- fitrith at hotmail dot com,

—-

Hal-hal yang perlu diketahui oleh seseorang yang ingin memasukkan tulisannya ke Journal Lokal, Journal Nasional dan Journal International :

1)   Journal Local adalah media  yang sudah memiliki ISSN yang diterbitkan (PDII) LIPI namun belum terakreditasi Dikti.
2)   Journal Nasional adalah media yang sudah memiliki ISSN dan terakreditasi di Dikti.
3)   Journal International adalah media yang sudah mendapat pengakuan para ilmuwan sedunia, untuk mempublikasikan berbagai buah pemikiran atau hasil penelitian dari para ilmuwan, akademisi dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu.

Untuk menjadi Journal Nasional, para pengelola Journal Local yang menerbikan naskah berkala mengajukan pengusulan akreditasi ke DP2M –Dikti, mereka ini bisa aja berasal dari perguruan tinggi, lembaga ilmiah dan himpunan profesi di Indonesia. Masa laku akreditasi selama 3 tahun. Proses akreditasi dilaksanakan Dikti 2 kali dalam setahun dengan batas waktu pengajukan periode I selambat-lambatnya tgl 31 Maret dan periode II selambat-lambatnya 31 Agustus.
Proses akreditasi menggunakan instrument baru sesuai SK Dirjen Dikti No 11/DIKTI/kep/2006 tentang Panduan Akreditasi Berkala Ilmiah yang dapat di akses di :

-Website Dikti: http://www.dp2m-dikti.net , kadang susah menemukan SK ini di file mereka bisa mencari via : masukan : SK Dirjen Dikti no 11/DIKTI/kep/2006 tentang panduan akreditasi berkala ilmiah ke google akan tampil, harus lengkap tulis tentang….kalo hanya no SK itu aja kita klik akan muncul no yang lain.

-Panduan bagi pengelola jurnal ilmiah terbitan LPPM ITB, sangat lengkap sudah mencakup semua persyaratan termasuk criteria dan kiat-kitat untuk terakreditasi nasional bahkan menuju internasional, lengkap dengan format dan lampiran. Bisa diunduh di:
http://www.lppm.itb.ac.id/wp-content/uploads/2009/07/panduan_pengelola_jurnal_ilmiah_itb.doc

-Panduan jurnal ilmiah dari LIPI, bisa di unduh di :
http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?dijital, terdiri dari 3 set dokumen:
(1)   Format isian pengajuan usulan akreditasi jurnal ilmiah
(2)   Insttumen evaluasi untuk akreditasi berkala ilmiah
(3)   Pedomean pengajuan usulan akreditasi jurnal ilmiah.

Sebanyak 116 journal dalam negeri telah berhasil terakreditasi Dikti, sebagian telah terhimpun di situs Peer-Reviewed Scientific e-journal, terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Bagi yang berminat bisa hubungi Pusat Penelitian-LPPM, UK Petre, email gita@petra.ac.id untuk hosting e-journal.

Bisa juga didapat dengan mengakses ke situs LIPI http://www.komputasi.lipi.go.id/utama.cgi?direktori ada 37 Jurnal Internasional dan 6 Jurnal Nasional berserta berbagai artikel baru terdapat di situs LIPI.

Dapat juga diakses dari http://diktiorg/?q=node/31 berbagai e-journal Directory terdapat di dalam situs ini.

Adalah keinginan semua pengelola Jurnal suatu hari jurnal mereka bisa ditingkatkan menjadi Jurnal Internasional. Usaha ini sekarang menjadi salah satu target utama Dikti. Untuk mewujudkan harapan ini, sejak tahun 2009 Dikti telah melanggankan E-Journal hampir 10.000 jurnal di seluruh dunia yang mencakup semua bidang ilmu yang bisa diakses oleh seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sosialisasi dan pelatihan aplikasi program e-journal pun telah terlaksana di 22 lokasi seluruh Indonesia. Masing-masing peserta diberi username dan password yang selanjutnya disosialisasikan mereka ke seluruh civitas akademi. Program E-journal ini ( GRATIS DONK ) akan BERAKHIR pada 31 Desember 2009 maka sedapat mungkin diharapkan memanfaatkan fasilitas tsb.

E-resources Dikti terdiri dari:

1) PROQUEST,  alamat URL: http://www.proquest.com/pqdauto ( atau http://www.proquest.com/pqdweb untuk akses di luar kampus ) , jurnal on line yang dilanggan ini terdiri dari sekitar 9.800 judul artikel dari subjek-subjek ilmu kesehatan, ilmu pendidikan, ilmu pertanian, ilmu psikologi, ilmu sosial ekonomi, ilmu ekonomi bisnis, referensi umum, ilmu komputer, ilmu perbankan, ilmu kewirausaan, ilmu sastra, illmu sejarah, ilmu informasi publik dan illmu telekomunikasi.

2) EBSCOhost, alamat URL : http://search.epnet.com atau http://search.ebscohost.com , adalah sebuah referensi online yang dapat diakses melallui internet. EBSCO menawarkan variasi-variasi dari tulisan yang dapat dilihat secara full text maupun data-data yang disimpan oleh penyedia infomasi proprietary.

3) CENGAGE Learning, alamat URL: http://infotrac_galegroup.com/itweb adalah sebuah perusahaan yang memberikan solusi baik bagi perorangan maupun institusi seperti universitas, instructor, siswa, perpustakaan, agensi pemerintahan, perusahaan hingga kegiatan professional di seluruh dunia.

E-journal online Internasional Dikti ini dapat diakses melalui perguruan tinggi masing-masing yang telah diberikan alamat, username dan password oleh Dikti. Khusus untuk mahasiwa, pegawai dan dosen Universitas Warmdewa username dan password akses jurnal internasional dapat menghubungi Lembaga Penjaminan Mutu Unwar (Bapak MD Artawan) di gedung Direktorat lantai III Dikti.

Selain E-journal Dikti, masih ada beberapa E-Journal International yang bisa diakses via berbagai sumber:

http://www.scopus.com ( Scopus, situs web database abstrak dan citation terbesar dengan data bersumber dari literatur-literatur penelitian yang mencapai 18.000 jurnal yang berasal dai 5.000 penerbit. )
http://www.springerlink.com/home/main.mpx ( engineering subject)
http://www.tthomastelford.com/journals (  Institution of Civil Engineers)
http:// http://www.journals.aip.org/ ( American Institute of Physics )
http:// http://www.publish.aps.org/ ( Americah Physical Society)
http:// http://www.pubs.acs.org/about.htm  ( American Chemical Society )
http:// http://www.epubs.siam.org ( Society for Industrial and Applied Mathematics )
dll.

Tidak mudah membuat sebuah jurnal nasional menjadi jurnal Internasional, umumnya dilakukan dengan memasukkan jurnal nasional ke situs penindex yang besar seperti SCOPUS, Scholar Google, Math.Sci.Net dll. Diharapkan dalam waktu dekat 30 jurnal nasional kita akan dimasukkan ke dalam situs Scopus yang merupakan situs penindex/ database abstrak dan citation terbesar dengan data bersumber dari literature-literatur yang dievaluasi oleh peer reviewer. Selain kualitas jurnal, terbit berkala dan editing yang bagus,  peer yang dilibatkan dalam pengelolaan jurnal harus terdiri dari para akademisi internasional atau dari luar negeri serta memiliki index citation yang cukup ( menjadi acuan bagi para peneliti ). Setelah sebuah jurnal memenuhi persyaratan Scopus, setiap tahun harus siap membayar sekitar USD 2.500 untuk satu jurnal.

Sekian ini yang bisa saya sajikan di saat bulan Ramadhan ini, kiranya bisa bermanfaat bagi yang berminat.

Wassalam,
Nurfitri Thio

2 Responses

  1. Saya telah mengkompilasi daftar jurnal yang akreditasinya masih berlaku 2011-2013 di http://nicecupofsweethottea.blogspot.com/2010/10/daftar-jurnal-nasional-terakreditasi_08.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: