• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

Pendengar yang Baik

menarik untuk direnungkan kutipan dari

 

Jadilah Pendengar yang Baik
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/wanita/2009/11/28/758/Jadilah.Pendengar.yang.Baik

28 Nopember 2009 | 11:04 wib
Pada umumnya orang berfikir, komunikasi hanya sebatas berbicara dan menulis. Pemahaman ini tidak salah, namun ada hal yang tak kalah pentingnya untuk dicermati. Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang efektif, tak terkecuali dalam dunia kerja.
Bagaimana mewujudkan komunikasi efektif dengan rekan kerja, misalnya. Perlu diketahui, menjadi seorang pendengar yang baik adalah kunci untuk dapat berkomunikasi dengan efektif.
Karenanya, penting bagi anda untuk belajar menjadi seorang pendengar yang baik. Cobalah pahami apa maksud pesan yang disampaikan, ketika anda terlibat dalam suatu pembicaraan. Berikut tips singkat untuk anda.
Pertama, fokuslah pada lawan bicara. Keseriusan dalam suatu pembicaraan akan terlihat dari fokus pandangan anda. Ketika berbicara, tataplah lawan bicara anda. Jaga kontak mata dengan teman bicara. Hindari untuk mengalihkan pandangan pada objek lain yang “kurang penting”.
Kedua, cermatlah berfikir sebelum anda menjawab pertanyaan dari seorang rekan. Hati-hati, jangan terlalu antusias menunjukkan kepintaran pada hal-hal yang tak anda pahami secara utuh. Tak ada salahnya diam sejenak. Berlatih untuk mematangkan buah pikiran anda, sesaat setelah teman selesai berbicara.
Selanjutnya, simak baik-baik apakah perkataan lawan bicara selaras dengan nada suaranya. Bedakan ketika rekan kerja anda berkata, “ok, saya akan memperhatikannya.”, dengan  “ok, saya akan memperhatikannya !”. Tentu keduanya berbeda bukan? mencermati nada bicara seseorang, akan  membantu anda memahami  suasana hatinya. Sehingga anda akan lebih mudah menangkap maksud pesan tersebut.
Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu keterampilan dan kemampuan yang jarang dan susah untuk dimiliki. Sebab tidak hanya sebatas pada kesediaan untuk mendengarkan, namun juga kemampuan untuk memahami maksud dari pesan yang disampaikan.
Mengutip perkataan Dale carnegie,  “orang yang menjadi lawan bicara anda seratus kali lebih tertarik dengan diri , keinginan dan masalah mereka dibandingkan dengan minat mereka pada anda dan masalah anda”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: