• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

perlunya simulasi

pengaturan jadwal penerbangan merupakan salah satu proses yang memerlukan sumber daya komputasi yang harus memadai. ujicoba walaupun katanya sudah dilakukan, namun harus mencerminkan keadaan real. hal ini yang biasanya memakai metoda simulasi.  simulasi dipakai hampir di banyak pemecahan masalah. metoda ini diujicobakan dengan kondisi riil sebelum diimplementasikan secara nyata dilapangan. jika  hasil simulasi kacau, maka sistemnya harus dibenahi dulu. Kira kira gitu … yang pernah saya baca dari beberapa bahan bacaan.

berita berikut mungkin terkait dengan simulasi,

“Selama ini kita punya 3 sistem yang memonitor pergerakan pesawat, ada sistem yang memonitor pergerakan para awak kabin, ada juga sistem yang memonitor jadwal penerbangan. Sistem ini masing-masing berdiri sendiri,” kata Kepala Komunikasi Garuda Indonesia Pujobroto saat dihubungi detikcom, Minggu (21/11/2010) malam.

Dari 3 sistem monitor yang awalnya dipisahkan, kini Garuda sedang menjajal penggabungan 3 sistem tersebut atau yang dikenal dengan istilah Integrated Operational Controll System (IOCS). “Jadi sistem yang awalnya sendiri-sendiri kemudian diintegrasikan menjadi satu,” imbuhnya.

Namun demikian, meskipun sistem telah disiapkan dengan matang dan tentunya telah dilakukan beberapa kali ujicoba, namun saat diterapkan sistem tersebut masih melesat dari harapan. “Nah walaupun sudah disiapkan, disimulasikan, tapi karena ini menyangkut banyak data, maka masih ada kendala,” jelas Pujo.

rincian di

http://www.detiknews.com/read/2010/11/22/063118/1498884/10/antrean-penumpang-di-loket-check-in-garuda-bandara-cengkareng-mengular?991103605

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: