• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

satu pengelola jurnal – konf nasional – internasional di Indonesia – mungkinkah?

Sering sudah saya perhatikan masign masing Perguruan Tinggi menerbitkan jurnal, konferensi nasional atau bahkan internasional dalam subject tertentu yang sama. Seolah masing masing ingin bersaing, atau mungkin menampilkan diri bahwa institusinya juga bisa berbuat sesuatu. Padahal kalau dibuat dan dikelola secara bersama, insya Allah lebih efisien, lebih berkualitas dan membuka peluang kerjasama yang lebih positif — dibandingkan kalau masing masing berkumpul sendiri, dengan undangan beberapa kolega sehingga mengklaim sebagai tingkat nasional atau internasional.

apakah akan ada kesempatan kita bisa memunculkan issue perlunya membuat SATU jurnal level nasional yang diprakarsi oleh beberapa perguruan tinggi? Misalnya untuk bidang ilmu komputer atau teknologi informasi Pengelola bisa Asosiasi Peneliti Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (APIKTI) yg bisa dibentuk kapan saja dalam waktu dekat. Alasannya — masing masing PT tidak perlu mengelola sendiri dan seolah bersaing — kita bisa membentuk menjadi tim kuat di nasional, kepengurusan bisa digilir setiap satu/dua tahun. Hal yang sama juga pada event konferensi international.

Apakah ini bisa diwujudkan? Kalau tidak, kenapa?

3 Responses

  1. Bravo pak Heru, saya mendukung sekali ide ini!

    Sepertinya dulu sudah pernah coba diprakarasi ya melalui http://icis.cs.ui.edu/ — tapi mungkin kurang bisa berkembang karena masih terlihat “kepemilikian institusional” dari UI. Mungkin perlu dibuat web presence yang bener2 independen, misalnya http://www.apikti.or.id, dengan pengurus dari beberapa institusi.

  2. Bagaimana dengan Garda Rujukan Digital yang diprakarsai Kementrian Pendidikan Nasional, situs tersebut setidaknya sudah menyimpan metadata dari berbagai jurnal serta hasil karya anak bangsa dari berbagai penjuru kampus di Indonesia. http://garuda.kemdiknas.go.id/

    • imho, garuda (garda rujukan digital) hanya untuk tempat penyimpanan karya ilmiah semua dosen, sedangkan prosiding dan jurnal adalah lain — dikelola oleh komunitas bidang ilmu tertentu. Sayangnya yang sekarang ada di Indonesia — saling overlapped. masing masing ingin mengelola sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: