• Blog Stats

    • 60,345 hits
  • Categories

  • Archives

proposal tugas akhir – suatu dilema

Menunggu inisiatif mhs (s1) mengajukan tema dan menyiapkan proposal riset, kebanyakan akan sangat mengganggu dan memperlambat proses tugas akhir (TA). Proses ini tak akan masalah kalau kita berhadapan dengan mahasiswa kreatif dan pintar, apalagi ini S1 sedangkan kan mahasiswa S2 dan S3 saja masih sulit untuk mencari tema riset yang asli.  Di beberapa universitas luar negeri dan dalam negeri, ada yang tak mengharuskan mahasiswa membuat proposal riset. Bahkan dosen bisa menawarkan ide ide risetnya ke para mahasiswa, walau dosen juga bisa menerima usulan tema
dari mahasiswa.

TA merupakan media membantu program riset dosen dan prodi/pusat, dan salah satu butir penilaian borang BAN-PT adalah keterlibatan mahasiswa dalam riset dosennya. Makin banyak mahasiswa ikut riset dosen makin besar nilainya. Riset dan TA ini bisa menjadi modal untuk pengajuan proposal riset di tingkat lokal dan nasional.

Seperti yagn pernah sy sampaikan dibeberapa rapat dengan kolega, riset tak harus langsung membuat program/coding, ada tahap tahap tertentu yang harus dilalui dulu, Jika masing masing dosen / kelompok dosen sudah punya roadmap riset, maka insya Allah akan mudah membagi bagi bagian riset untuk dikerjakan kapan dan oleh siapa.

Memacu dosen untuk ikut terupdate keilmuannya, dengan paling tidak membaca dan mereview beberapa paper tingkat internasional, dan beberapa riset questionnya Insya Allah bisa muncul di situ dan ditindaklanjuti menjadi tema/topik riset TA/proposal pendanaan lokal/nasional.

wallahu’alam, God knows best !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: