• Blog Stats

    • 60,355 hits
  • Categories

  • Archives

Output Perguruan Tinggi dan kebijakan pemerintah sebagai cara pemecahan masalah bangsa

Berikut merupakan anugerah  dari yang Maha Kuasa yang diperoleh penulis  sebagai oleh oleh dari kunjungan ke Pardubice University, Czech Republic.

Statuta Universitas Indonesia (UI) mencanangkan visi UI untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia dan dunia. Sementara dalam Kebijakan Umum (KU) butir 4.b menyatakan bahwa pengembangan UI bertumpu pada perwujdan integrasi akademik berlandaskan pendidikan inter, multi, lintas, trans-disiplin serta hibriditas keilmuan dengan tetap memperhatikan ilmu ilmu dasar. Saya akan memfokuskan pada kata kunci : meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kontribusi pada masyarakat Indonesia dengan cara ikut memecahkan masalah bangsa dan dunia.

Disini akan diberikan studi kasus nyata terkait dengan pengalaman untuk berkunjung ke KBRI di PRague (Praha). Pertanyaan terbesar.. bagaimana cara sampai ke sana dari kota kecil Pardubice di tengah negara dengan bahasa Cesky.

Langkah pertama adalah menggunakan teknologi informasi yakni dengan browsing di internet dan ketemula situs KBRI di Praha http://www.indonesia.cz yang ditautkan dengan http://www.kemlu.go.id/prague/Pages/default.aspx. Dari situs itulah saya berkomunikasi dgn staff KBRI, untuk mencapai kesanan saya disarankan mulai dari Stasiun Andel dan naik bus 191 turun di daerah Pod Lipkami. Staff itu pun mensarankan saya untuk mempelajari situs transportasi kota Praha berikut, http://www.dpp.cz/en/. Di sini saya bisa mempelajari bagaimana membeli tiket apa yang harus dibeli

http://www.dpp.cz/en/ticket-sales/

Kemudian saya ambil menu journey planner, dan memasukkan asal dan tujuan, dan keluarlah alternative solusi yang sangat rinci, naik apa saja (tram lalu bus), pemberhentian yg akan dilalui apa saja dan jam berapa, dimana harus stop dan harus nyambung di stopan yang mana. Saya masukkan asal Praha hl. n. dan tujuan Pod Lipkami, dgn opsi with transfer – at most 4 dan didapat informasi berikut:

Dan setelah langkah dan petunjuk di atas diikuti.. alhamdulillah… sangat membantu hanya perlu ditambah keberanian untuk bertanya….

Lalu dimana kaitannya dengan Visi UI? Pendapat saya, informasi yang mudah didapat dan akurat yang mendukung satu aktfitas manusia.. yakni…mobilitas orang.. transportasi yang sangat lancar dan dapat dipercata dalam suatu negara akan sangat mendukung kelancaran aktifitas dan perekonomian negara itu. Jadi ini bisa mendukung pemecahan masalah masyarakat, mampu menarik pendatang dari luar (misalnya wistawan) dan mereka akan merasa nyaman.

Dimana kaitannya dengan KU UI? Pendapat saya,.. pengelolaan informasi transportasi tersebut melibatkan disiplin paling sedikit, ilmu seperti teknologi informasi (ilmu komputer), transportasi, kebijakan publik, management, dan ilmu politik.

Terakhir..ttg politik.. harus ada kemauan dari pembuat kebijakan baik wakil rakyat dan pemerintah untuk bisa menerapkan hasil kajian multidisiplin terkait masalah bangsa ini untuk kesejahteraan masyarakat. Karena tanpa ada kebijakan, maka teknologi yang berdampak positif bagi masyarakat.. hanya akan menjadi hiasan di perpustakaan perguruan tinggi. Wallahu’alam…

Catatan:

Tulisan ini juga ditampilkan dalam ajang pemilihan Rektor yang tak diikuti secara lengkap oleh penulis. Saat penulisan,  penulis sedang  berada di  Faculty of Engineering and Informatics, Pardubice University, Czech Republic,  http://www.upce.cz/english/feei/index.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: